Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Tips & Trik Jitu Membeli Rumah Pertama Anda, Urbaners!

Tips & Trik Jitu Membeli Rumah Pertama Anda, Urbaners!

Urbanloka.com – Banjir saat musim penghujan sudah menjadi hal yang biasa di Jakarta. Hal ini tentunya menjadi salah pertimbangan pertama ketika berniat membeli hunian di Pusat kota. Bagi Anda keluarga baru atau yang sedang berencana untuk membeli rumah pertama? Jangan remehkan sejumlah hal di bawah ini agar tidak menyesal di kemudian hari:

Sumber: Limarie

Sumber: Limarie

  1. HARGA:

Anda perlu merencanakan terlebih dahulu, berapa harga rumah yang mau Anda beli? Sehingga Anda lebih fokus di perumahan yang menawarkan harga sesuai yang Anda inginkan. Dengan demikian Anda bisa menghemat waktu untuk kegiatan Anda lainnya.

2. KEMUDAHAN CARA BAYAR

Ada beberapa cara pembayaran rumah yang biasanya ditawarkan oleh pengembang yaitu tunai keras, tunai bertahap dan KPR. Bagi Anda yang memiliki kemampuan keuangan yang cukup, cara bayar tunai keras tentu menjadi pilihan. Developer akan memberikan diskon yang besar pagi pembeli dengan cara ini. Tapi bagi yang kemampuan keuangannya pas-pas an, cara bayar KPR dan tunai bertahap yang panjang tentu menjadi primadona.

3. BIAYA TAMBAHAN

Setelah memutuskan membeli rumah, alokasikan biaya tambahan diluar harga beli rumah meliputi Ppn, KPR, biaya peningkatan BPHTB dan sebagainya. Kisarannya beragam, dan untuk berjaga-jaga biasanya besaran biaya tambahan ini berkisar 15%-20% dari harga rumah.

Sumber: Carla Aston

Sumber: Carla Aston

4. PILIH LOKASI

Lokasi merupakan faktor paling penting ketika kita membeli rumah. Lokasi berkaitan dengan akses transportasi, ketersediaan fasilitas umum, aman tidaknya dari bahaya banjir dan sebagainya.

5. KELENGKAPAN FASILITAS

Anda bisa memilih rumah sesuai keinginan Anda dengan beragam fasilitas yang ditawarkan oleh developer. Mulai dari fasilitas ibadah, tempat olahraga, taman bermain, kedekatan perumahan itu dengan rumah sakit, sekolah, pasar dan tempat rekreasi keluarga.

 

Demikian beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan dan selamat memilih rumah pertama Anda Urbaners. Semoga bermanfaat!

Sumber: berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.