Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

TK OA, TK Unik dengan Struktur Bangunan Kontainer yang Tahan Gempa

TK OA, TK Unik dengan Struktur Bangunan Kontainer yang Tahan Gempa

Urbanloka.com – Jika seseorang membuat daftar pendek penemuan paling penting dari lima atau enam puluh tahun terakhir, kontainer mungkin akan berada pada posisi teratas. Hal ini dikarenakan benda tersebut telah berovolusi dari metode pengiriman menjadi struktur hunian, meskipun memang tak semua jenis kontainer aman dan nyaman digunakan sebagai struktur tempat tinggal. Yuk kita simak penggunaan kontainer pada struktur bangunan sekolah unik ini Urbaners.

Taman kanak-kanak di Saitama bernama TK OA ini sudah berusia 50 tahun dan membuat perubahan besar dalam bentuk bangunan sekolahnya. Direnovasi strukturnya menggunakan serangkaian kontainer, yang sengaja di desain dengan cara bertumpuk.

Dirancang oleh HIBINOSEKKEI + Youji no Shiro, tim arsitek yang mengkhususkan dirinya pada perancangan dan konstruksi fasilitas anak-anak. Ia berusaha menyampaikan pesan yang lebih besar mengenai tanggung jawab lingkungan dan penggunaan kembali berbagai sampah bumi secara adaptif.

Dari luar sekolah ini tampak sangat unik dengan kontainer bertumpuk berwarna hitam, namun ketika Anda melongok ke bagian dalamnya, Anda sama sekali tidak akan merasa berada didalam kontainer. Hal ini dikarenakan penambahan dinding, dan pintu geser, hingga hanya menyisakan struktur yang bergelombang pada bagian dindingnya.

 

Dengan menekankan pada desain industrial, dalam area TK tetap terdapat taman tempat anak-anak bermain. Ruangan pun dibuat terbuka, terang, dengan kaca sebagai batas dengan lingkungan luar sehingga anak-anak tak merasa seperti dalam gedung yang tertutup. Sekolah ini juga memiliki aula yang cukup luas, sebagai tempat bermain dan pertemuan.

Modular bangunan juga mengandalkan efisiensi energi, sehingga tak banyak menyerap listrik. Area dalam juga didesain sedemikian rupa agar angin bisa dengan mudah mengalir dan tidak panas.

Dilapisi dengan cat kontainer yang memang teruji kekuatannya, karena dirancang khusus untuk dapat bertahan selama bertahun-tahun di lautan. Desain area kelas dibuat minimalis khas jepang

Terdapat juga taman disamping sekolah untuk area bermain anak-anak.

Desainer berhasil merubah taman kanak-kanak ini menjadi TK yang indah, terang, lapang dan FYI, juga tahan gempa lho Urbaners. Berikut dibawah ini desain rancangannya.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.