Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Wujudkan Rumah Pinggir Danau Impian, ala Rumah Mungil Pump House

Wujudkan Rumah Pinggir Danau Impian, ala Rumah Mungil Pump House

Urbanloka.com – Panel besi bergelombang berwarna hitam menyelimuti eksterior rumah mungil di sisi sebuah danau di daerah pedesaan Victoria, Australia. Kabin kayu mungil bernama Pump House itu rupanya buah tangan studio arsitektur Branch Studio Architects. Branch Studio Architects semula hanya mendesain bangunan kecil untuk menyimpan pompa dan beberapa perkakas.

Tujuannya adalah membuat ruang temporer untuk menyimpan pompa air dan berbagai keperluan perkebunan. Selain itu, juga untuk menyediakan ruang bagi pemiliknya menikmati secangkir teh ketika mereka tiba di tempat ini bersama George, kuda mereka, di akhir pekan,” ujar Russo. Ternyata, hasilnya sungguh berbeda. Alih-alih hanya membuat bangunan sementara yang terkesan kumuh,

Russo membuat hunian mungil sederhana, namun cantik dan istimewa di tengah nuansa pedesaan Victoria. Dilihat dari depan, bangunan ini diselimuti oleh besi bergelombang berwarna hitam. Di dalamnya, rumah ini tampak cerah dengan penggunaan tripleks. Warna dan tekstur tripleks juga dibiarkan menyerupai aslinya. Perbedaan tersebut bisa dilihat dengan mudah karena bagian muka bangunan ini hanya dilapisi dengan menggunakan kaca.

Pemiliknya bisa membuka kaca untuk menikmati udara pedesaan, atau membiarkannya tertutup sembari menikmati pemandangannya. Interior Pump House yang ada di Victoria, Australia.(Branch Studio Architects ) Kaca yang ada di tampak muka rumah ini menyambungkan ruang terbuka di luar dengan ruang utama di rumah ini.

Ruang tersebut berkonsep terbuka yang minim sekat. Di dalamnya terdapat ruang keluarga, dapur, dan perapian. Melongok lebih dalam lagi, di ruang ini juga terdapat kamar mandi di tengah-tengah volume rumah. Kamar mandi tersebut memisahkan ruang utama dengan studio dan kamar tidur. Selain cantik, bangunan ini juga istimewa lantaran menggunakan panel solar untuk keperluan listrik terbatas. Bangunan ini juga menampung dan menggunakan kembali air hujan untuk berbagai keperluan.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.