Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

 ZAO Arsitektur dan Asrama Industrial Minimalis Menarik Karyanya

 ZAO Arsitektur dan Asrama Industrial Minimalis Menarik Karyanya

Urbanloka.com – ZAO / standard architecture baru saja menyelesaikan sebuah asrama di beijing. Direnovasi dari sebuah hunian berukuran hanya 30 meter persegi. Proyek ini sebagai wujud ketertarikan perusahaan terhadap tipologi khas ibukota cina. Studio ZAO sendiri sebelumnya banyak merancang ruang publik seperti perpustakaan dan galeri seni.


Pada proyek inipun ZAO Mengeksplorasi potensi perumahan sosial skala kecil dalam arsitektur tradisional kota. Sebelum memasuki asrama, ZAO merancang area semi publik yang disebut sebagai ‘vestibulum perkotaan’. Ruang ini dapat digunakan sebagai ruang berkumpul bagi penghuni asrama Urbaners.

Didominasi oleh beton abu dan kayu, menciptakan kesan industrial minimalis yang kuat pada asrama ini. Jika area depan difungsikan sebagai ruang publik, maka bagian belakang hunian digunakan sebagai area yang lebih pribadi, dengan volume diekstrusi kaca dari lantai hingga ke langit-langitnya.

Selain meningkatkan aliran udara dan cahaya, halaman terbuka juga menciptakan hubungan langsung antara berbagai ruang hidup dan gedung yang bertindak sebagai zona peralihan antara kamar pribadi dan jalan. Sementara banyak jendela didesain dengan kemiringan tertentu untuk membantu menerangi interior dengan lebih maksimal.

 

  

Info proyek:

Arsitek: ZAO / standardarchitecture
Arsitek proyek: zhang ke, zhang mingming
Tim desain: zhang ke, zhang mingming, huang tanyu, ao ikegami, dai haifei
Lokasi: beijing, china
Luas bangunan: 30 meter persegi

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.