Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Zero Mass Water: Sistem Air Bersih Dari Hasil Kondensasi Udara

Zero Mass Water: Sistem Air Bersih Dari Hasil Kondensasi Udara

Urbanoka.com – Walaupun beberapa rumah mungkin Menampung air hujan untuk irigasi, atau memiliki sumur sendiri, tidak banyak pilihan alternatif untuk mendapatkan air minum bersih, selain membeli air dalam kemasan. Namun, kini telah ditemukan  beberapa inovasi teknologi yang menyediakan kontrol terhadap persediaan air bersih untuk pemasokan kebutuhan rumah tangga, dengan mengumpulkan uap air dan udara lalu mengkondesasikannya hingga menjadi air.

Salah satu yang menawarkan teknologi ini adalah Zero Mass Water. Start up bentukan ariZona state university di Scottsdale ini mengembangkan panel surya air minum dengan sistem mandiri. diberi nama SOURCE.

Telah diuji mulai tahun 2015. Satu unit source dengan luasan 2.8 meter persegi mampu menghasilkan energi listrik melalui panel surya photovoltaic (kemudian menyimpannya sebagian ke dalam baterai li-on untuk menjaga tekanan air pada malam hari), dan mampu menghasilkan hingga 2-5 liter per hari.

Unit Source sendiri dapat dipasang secara bersamaan sesuai dengan kebutuhan pemilik rumah. Perawatan yang dibutuhkan hanya penggantian filter setiap tahum serta penggantian selongsong mineral setiap 5 tahun sekali. Harga resmi unit ini belum dipublikasikan, namun phoenix business journal mengemukakan harganya sekitar $4800, $3200 untuk harga panel, dan $1600 untuk panel tambahan. Lebih banyak mengenai Souce, pada video dibawah ini Urbaners.

Sumber: Zero Mass Water

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.